Gunakan Teknologi, Kapus Ubung Respon Cepat Keluhan Pasien
Labulianews.com Kepala Puskesmas Ubung Kec. Jonggat, Aziz Paradi S.T. dalam meningkatkan pelayanan dan kepuasan pasien memanfatkan teknolgi untuk merespon cepat dalam mengatasi keluhan pasien peserta BPJS Kesehatan yang hendak mendapatkan pelayanan kesehatan atau berobat ke Rumah Sakit Rujukan
Peristiwa ini dialami oleh Mahyin, laki laki, 65 tahun warga Desa Labulia Kec. Jonggat Kab. Lombok Tengah yang hendak memeriksakan kesehatan matanya ke Klinik Mata RS. Islam Yatopa karena sudah sekian tahun penglihatannya kabur (28/5/2024)
Saat Pasien mendaftarkan diri di tempat pendaftaran dan menyodorkan KTP dan Kartu BPJS nya oleh petugas RS pasien dimintakan Surat Rujukan dari Puskesmas Ubung dan ternyata pasien tersebut tidak membawa surat Rujukannya.
Pantauan media di lokasi oleh petugas RS inisial A pasien disarankan harus membawa surat rujukan dari Puskesmas Ubung baru bisa dilanyani dengan menggunakan kartu BPJS nya, kecuali pasien yang emergency atau menjadi pasien umum, katanya
"Kalau menjadi pasien umum kita bisa lanyani namun kalau mau menggunakan Kartu BPJS maka harus ada surat rujukan dari Puskesmas atau Dokter karena itu aturan dari BPJS" Kata petugas inisial A ke pendamping pasien
"Bukan kami tidak melayani, tetap kami melayani namun harus ada surat rujukannya dulu biar jelas status pasiennya" jelasnya
Mendapat infornasi itu dan pasien sudah berada di RS. Islam Yatopa yang tidak mungkin akan bolak-balik ke KPM Ubung Jonggat untuk membuat dan mengambil surat rujukan. Maka saat itu pendamping Pasien inisial MT langsung menghubungi Kapus Ubung melalui telepon dan mendapatkan respon cepat dengan membuatkan rujukan secara online.
"Tunggu disitu pak, kita buatkan rujukan dan kita kirimkan lewat Whastapp, jawabnya via telepon
Kemudian dalam hitungan menit surat rujukannya pun diterima oleh pasien dan bisa dilayani oleh petugas RS Islam Yatopa untuk berobat menggunakan kartu BPJS nya.
Ditanya media, Mahyin mengatakan terimakasih pak Kapus, dengan wajah syukur
Sementara itu dari terpatau paktantb.com, para petugas RS. Islam Yatopa dengan sabar, senyum dan ramah melayani semua pasiennya satu persatu dengan bahasa yang santun. (taink)