LKM Rinjani Gelar Diskusi Publik, LAZ: Pentingnya Kesejahteraan Untuk Memompa Semangat Pelayanan Yang Baik.
Labulianews.com. Lembaga kajian Masyarakat Rinjani (LKM Rinjani) gelar Diskusi Publik dengan puluhan Mahasiswa Se-Lombok Barat dengan tema "Kepuasan Masyarakat terhadap kinerja pelayanan publik di Lombok Barat " Kegiatan ini berlangsung di Daerah wisata Desa Banyumulek Senin 30/01/23. Dalam kegiatan ini langsung sebagai Narsumber Direktur LKM Rinjani pahrizal Iqrom, M.Ap. dan Direktur Utama PT. Air minum Giri menang H.L Ahmad zaini, ST, MM.
Dosen tetap Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Nahdlatul Wathan Mataram itu mengatakan Penilaian pelayanan Publik pada tahun 2022 berbeda dengan sbelumnya yang hanya menilai standar pelayanan secara ketampaan fisik (Tangible). Penilaian kali ini melibatkan tiga instrumen meliputi pelaksanaan pelayanan, Pengelolaan pengaduan Dan pendapat masyarakatnya. Ombudsman Mempunyai dua tugas utama yaitu menerima dan memeriksa laporan masyarakat dan memeriksa maladministrasi. Pelayanan publik merupakan salah satu tugas Ombudsman pasal 7 UU NOMOR 37 tahun 2008 .
" Dalam kajian kami LKM Rinjani, inovasi pelayanan Publik tidak bisa dikisahkan dari Tupoksi setiap instansi atau OPD di Lombok Barat, inovasi merupakan alat Akselerasi Capaian target Reformasi birokrasi Yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat" Ungkap ikrom
"Keberhasilan Top inovasi pelayanan publik Terpuji dapat menjadi inspirasi bagi daerah Untuk menyelesaikan masalah tersebut. Sehingga kami meminta Agar terbuka melakukan transfer pengetahuan bagi instansi yang ingin mereplikasi dan jangan sampai ada syarat- syarat Yang memberatkan untuk mereplikasi" Tegasnya
Sementara itu Direktur utama PT. AM Giri menang yang akrab disapa LAZ mengatakan, dalam suatu organisasi manajerial tidak dapat dipisahkan antara Pelayanan dan kesejahteraan, pentingnya kesejahteraan untuk memompa semangat pelayanan yang baik.
"Pelayanan publik adalah suatu upaya yg di mulai dari karakter pemimpin dengan mengutamakan perubahan meanset para birokrasi sebagai pemberi layanan. Pemimpin yg baik adalah pemimpin yg memiliki leadership kepemimpinan yg menjadi contoh dan teladan sehingga OPD akan memiliki integritas dan etos kerja yang bertanggung jawab dengan menentukan target kerja. alhamdulilah sejak kami PDAM berubah menjadikan PT. AM kedepan pelayanan semakin baik dan hari ini saya banyak mendapat kepercayaannya menjadi ketua, saya sebut saja salah satunya PERPAMSI, Perseroda kita ini adalah terbaik di Indoensia sehingga daerah lain belajar ke Kita " Papar LAZ
"Bekerja baik pada pelayanan maupun teknis harus memiliki capaian yg terukur sehingga para OPD bekerja sesuai dengan proporsional Yang Sudah menjadi target. Pada proses pengurusan admnistrasi kependudukan misalnya maupun dokumen lain tidak mesti harus dilakukan dengan transaksi tatap muka melainkan hasur mulai menggunakan basis elektronik.sehingga para perangkat harus tetap melakukan upgrade pengetahuan dan inovasi dalam memberikan pelayanan publik " Tegasnya
Diskusi berjalan lancar tidak sedikit para Adik-adik mahasiswa banyak memberikan kritik dan pertanyaan ala mahasiswa yang menggebu-gebu seputar pelayanan di Lombok Barat. Panitia acara Muizzudin mengatakan adik-adik mahasiswa adalah emberio yang terus tumbuh.
" Diskusi-diskusi semacamnya ini tetap harus tumbuh di Lombok Barat.mahasiswa adalah agent of change yang harus di ajak bersama-sama mewujudkan cita-cita kesejahteraan bagi masyarakat " Pungkas Muizzudin , koordinator Kajian dan Lingkungan LKM Rinjani. (MZ)