PKB Pokja KKMts Lobar Mengadakan Program Madrasah Education Quality Reform (MEQR) 2022
Labulianews.com. Kegiatan pengembangan. Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Pokja KKMts Lombok Barat Wilayah II NTB 001 Program REF-MEQR Tahun 2022 diselenggarakan mulai tanggal 14-22 November 2022.
Sementara Program REP-MEQR merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas tata kelola penyelengaraan pendidikan dasar dan menengah di Kementerian Agama
Kepala MTs. Negeri 2 Lombok Barat H. Kemas Burhan S.Pd mengatakan bahwa program kegiatan PKB KKMts ini pembukaannya berlangsung di sekolah MTs. Negeri 2 Montong Are Kediri Kab. Lombok Barat dan pelaksanaan hari kedua ini berlangsung di MTs. Selaparang Kediri dan lokasinya akan berpindah pindah ke Sekolah MTs lainnya sesuai petunjuk tehnisnya,
Program kegiatan pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Kelompok Kerja Madrasah Tsanawiyah (KKMTs) ini diikuti oleh 10 Kepala Sekolah Mts dengan Fasilitator Daerah (Fasda) Abdul Hamid S.Ag dan Narasumber DR. Abdul Hamid, M.Pd selama 9 hari
Menurutnya pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan sesuai Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam No. 2059 tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Kelompok Kerja Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah tahun anggaran 2022
H. Kemas Burhan menjelaskan tujuan umum pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) adalah untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan di sekolah/madrasah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Dan pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) mencakup tiga hal, yaitu: 1.Pengembangan diri, 2. Publikasi ilmiah, dan 3. Karya inovatif
Lebih lanjut Ia menjelaskan bahwa tujuan pengembangan profesionalisme guru secara berkelanjutan memiliki tujuan memelihara, meningkatkan, dan mengembangkan kompetensi guru secara berkelanjutan untuk mencapai standar profesi guru yang dipersyaratkan agar sejalan dengan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
Melalui PKB ini diharapkan dapat memperkecil jarak antara pengetahuan, keterampilan, kompetensi sosial dan kepribadian yang dimiliki oleh para guru sekarang dengan apa yang menjadi tuntutan ke depan berkaitan dengan profesinya itu.
Sementara manfaat bagi guru yaitu memungkinkan pendidik untuk meningkatkan kompetensi yang sesuai dengan pembelajaran. Selain itu, dapat membantu pendidik untuk menguasai pengetahuan dan teknologi agar mampu mengikuti kebutuhan pendidikan.
Ditambahkan H. Kemas bahwa Kegiatan seperti ini sangat bermanfaat dan terus akan melakukan program program kegiatan lainnya dalam meningkatkan mutu dan kwalitas tenaga kependidikan dan guru sehingga program dan tujuan pendidikan nasional bisa terlaksana dengan baik, pungkasnya (red)